Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lainnya, seperti stroke dan penyakit jantung. Karena itu, kebanyakan dari Anda mungkin harus menurunkan risiko penyakit ini dengan mengonsumsi obat kolesterol.

Namun, selain obat ternyata ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar lemak yang tinggi. Ketika menerapkan cara alami, Anda juga dapat menurunkan risiko penyakit lain yang muncul akibat kolesterol tinggi dan  tetap hidup sehat.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Selain Menggunakan Obat 

Selain mengonsumsi obat kolesterol, ada beberapa cara alami menurunkan yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 8 cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda coba praktikkan:

1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Free photo happy asian woman stretching exercise and yoga workout in the morning at home outdoor
Seorang Wanita Olahraga Secara Rutin untuk Menurunkan Kolesterol

Cara alami dan paling efektif pertama yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan risiko kolesterol adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa memulainya dengan berolahraga secara sekitar 10 menit setiap harinya. 

Jika Anda sudah mulai terbiasa, maka Anda meningkatkan intensitas olahraga Anda 30 menit setiap hari, lalu tingkatkan terus secara bertahap. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol. Contohnya adalah jogging, bersepeda, berenang, senam, dan berkebun.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Free photo buddha bowl dish with vegetables and legumes. top view.
Konsumsi Makanan Berserat untuk Menurunkan Kolesterol

Selain obat kolesterol, Anda bisa menurunkan risiko penyakit ini dengan mengonsumsi makanan-makanan yang berserat. Makanan yang berserat memiliki fungsi untuk mengikat lemak di dalam usus. 

Sehingga memungkinkan Anda untuk mengurangi kolesterol yang ada di dalam darah. Jenis makanan berserat yang bisa Anda konsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Free photo delicious ingredients for keto diet
Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat seperti telur dan alpukat juga menjadi cara alami untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada dalam tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan asam lemak Omega 3. Seperti sarden, makerel, dan ikan salmon.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

Free photo asian women refuse fast food because of slimming on pink
Seorang Wanita Menolak Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

Anda memang diperbolehkan mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat. Namun sebaliknya, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat. 

Kenapa? Karena lemak-lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Contoh makanan yang mengandung lemak jahat dan harus Anda hindari adalah fast food, gorengan, makanan manis, keju, dan roti panggang.

5. Kurangi Makanan Manis

Free photo beautiful asian woman with a happy smile, holding donut in hand
Seorang Wanita Menolak Makan Makanan Manis

Mengurangi mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol. 

Lalu, bagaimana cara untuk mengontrol asupan gula di tubuh Anda? Anda hanya perlu membatasi penggunaan gula tambahan serta selalu memeriksa kadar gula di setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

6. Mulailah Berhenti Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Free photo man refusing glass of rum offered by his friend
Seorang Pria Berhenti Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Cara efektif lainnya yang bisa Anda terapkan selain mengonsumsi obat kolesterol adalah dengan mulai berhenti minum alkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol memiliki dampak yang signifikan dalam menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. 

7. Jaga Berat Badan yang Ideal

Free photo close up legs on weight machine
Seseorang Menjaga Berat Badan yang Ideal

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya kolesterol dalam tubuh Anda. Sehingga, Anda juga harus menjaga berat badan agar tetap di berat yang ideal, tidak gemuk dan tidak kurus.

Ada satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah berat badan Anda ideal atau tidak, yaitu dengan mengukur IMT (Indeks Massa Tubuh). Jika hasil dari perhitungan IMT anda berjumlah 18,5-24,9, maka berat badan Anda termasuk ke kategori ideal.

8. Kurangi Stress Berlebihan

Free photo smiling businesswoman shows gestures to meditate
Ilustrasi Kurangi Stress Berlebihan

Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa tingkat stress yang tinggi dapat mengakibatkan kadar kolesterol jahat yang tinggi pula. Selain hanya mengonsumsi obat kolesterol, cobalah untuk mengatur kadar stres agar tidak terlalu berlebihan.

Barangkali jika akhir-akhir ini Anda mengalami stres yang tinggi, Anda dapat menggunakan jasa layanan konsultasi dokter online. Karena melalui layanan yang profesional, Anda bisa mendapatkan solusi lebih baik dari stres yang Anda alami.

Jangan Remehkan! Dampak Kolesterol Tinggi Bagi Saraf (Sumber: Kata Dokter/Youtube)

Yuk, Kurangi Minum Obat Kolesterol dan Beralih ke Cara Alami!

Itulah 8 cara alami yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Melalui beberapa cara diatas, Anda bisa mengurangi penggunaan obat dan beralih pada cara alami dalam menurunkan kolesterol. Namun, hal yang harus Anda garis bawahi yaitu cara-cara tersebut akan efektif jika Anda menerapkannya secara konsisten.

Dan jika kolesterol Anda semakin parah, maka Anda bisa menghubungi kontak Tirta Medical Centre. Anda bisa mendapatkan penanganan dan solusi terbaik untuk penyakit yang Anda derita.

FAQ

1. Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah penyakit atau keadaan di mana seseorang memiliki zat lemak yang terlalu berlebihan di dalam darahnya. Jumlah kolesterol yang terlalu banyak ini akan menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat membuat penderitanya mengalami stroke dan masalah jantung. 

2. Apa penyebab dari penyakit kolesterol?

Penyakit kolesterol umumnya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan. Namun, ada beberapa hal kondisi lain yang juga menyebabkan kolesterol meningkat. Misalnya, kolesterol dapat menjadi masalah kesehatan yang umum karena usia yang terus bertambah. 

3. Berapa kadar kolesterol normal?

Kadar kolesterol normal biasanya ada di angka kurang dari 200 mg/dL.

4. Bagaimana ciri-ciri orang yang terkena kolesterol?

Mudah mengantuk dan cepat lelah, mengalami sesak nafas, mengalami pegal-pegal dan juga nyeri pada otot, kuku terasa menebal, nyeri pada dada, tidak bisa ereksi, berat badan naik, dan sering mengalami kesemutan.

Referensi:
  • Bruckert, E., & Rosenbaum, D. (2011). Lowering LDL-Cholesterol Through Diet: Potential Role in the Statin Era. Current Opinion in Lipidology, 22(1):43-8.
  • Heart UK. Looking After Your Weight.
  • Centers for Disease Control and Prevention (2017). U.S. Department of Health & Human Services. Cholesterol.
  • Office of Dietary Supplements. National Institutes of Health, U.S. Department of Health & Human Services. Omega-3 Fatty Acids.
  • NHS UK (2017). How to Eat Less Saturated Fat.
  • Mayo Clinic (2019). High Cholesterol.
  • Mayo Clinic (2018). Top 5 Lifestyle Changes to Improve Your Cholesterol.
  • Worth, T. Everyday Health (2016). Smoking Plus High Cholesterol Ups Heart Attack Risk.
  • McCulloch, M. Healthline (2018). Top 13 Lean Protein Foods You Should Eat.
  • Story, C. Healthline (2017). Lowering Your High Cholesterol: 6 Exercises That Will Pay Off.
  • Schaefer, A. Healthline (2015). Sugar and Cholesterol: Is There a Connection?
  • Guo, et al. Medscape (2012). Effects of Inulin on the Plasma Lipid Profile of Normolipidemic and Hyperlipidemic Subjects.
  • Moll, J. Very Well Health (2019). Can Omega-3 Fatty Acids Lower Cholesterol and Triglycerides?
  • Moll, J. Very Well Health (2017). How Beta-Glucan Impacts Your Lipids.
  • Web MD (2017). Delicious Foods That Are Heart-Healthy.