Medical check up merupakan rangkaian pemeriksaan secara medis yang dapat Anda lakukan secara rutin untuk mengidentifikasi penyakit. Ada beberapa persiapan sebelum medical check up yang perlu dilakukan. Pola hidup yang Anda miliki setiap hari dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan tersebut.

Jadi, wajar saja jika hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi kesehatan yang menurun ketika pola hidup juga tidak teratur.

Lalu, apa yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalani rangkaian pemeriksaan tersebut? Berikut informasinya!

Hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Medical Check Up

Berikut hal yang perlu Anda lakukan sebelum menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan, antara lain:

1. Istirahat Cukup

Free photo rear view of a woman sitting on bed stretching her arms
Sebelum Medical Check Up Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu hal yang perlu Anda terapkan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab, hal ini berhubungan dengan hasil pemeriksaan yang akan Anda lakukan keesokan harinya.

Jadi, Anda perlu tidur yang cukup dengan kisaran waktu 6 hingga 8 jam saat malam hari sebelum waktu pemeriksaan tiba. Langkah ini bertujuan untuk menghindari adanya kelelahan saat pemeriksaan dilakukan yang berdampak pada kondisi tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh. 

Jika kelelahan, maka hasil medical check up yang Anda peroleh jadi tidak akurat. Apabila hal ini terjadi maka kemungkinan besar dokter akan sulit memberikan diagnosis penyakit yang Anda alami.

2. Catat Keluhan

Free photo doctor's hand holding a pen and clipboard with blank paper
Catat Keluhan Sebelum Medical Check Up

Hal yang perlu Anda cermati selanjutnya adalah memperhatikan setiap keluhan yang Anda rasakan setiap harinya. Hal ini dapat Anda catat supaya tidak terlupa atau terlewati satu pun. Dengan begitu, Anda bisa menyampaikannya kepada dokter saat waktu pemeriksaan tiba.

3. Catat Riwayat Kesehatan Keluarga

Free photo stethoscope on patient information
Persiapan Sebelum Medical Check Up dengan Mencatat Riwayat Kesehatan Keluarga

Tidak hanya keluhan yang Anda rasakan, tetapi juga riwayat kesehatan dari anggota keluarga terdekat pun perlu Anda catat sebelum menjalankan medical check up.

Hal ini menjadi informasi yang penting bagi dokter untuk menentukan kebenaran dari hasil pemeriksaan yang nantinya menjadi diagnosis penyakit yang Anda alami.

4. Catat Obat yang Anda Konsumsi

Free photo medical composition with pills
Catat Obat yang Anda Konsumsi Sebelum Medical Check Up

Hal penting lainnya yang tidak boleh luput dari rangkaian pemeriksaan adalah catatan obat yang Anda konsumsi. 

Anda bisa menyampaikan secara detail obat apa saja yang Anda konsumsi selama beberapa hari atau bahkan tahun kebelakang. Baik itu obat yang Anda konsumsi untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan atau obat yang memang Anda konsumsi dalam jangka panjang. 

Hal ini menjadi poin penting dalam medical check up yang tidak hanya berhubungan dengan pemeriksaan penyakit tetapi dokter juga memerlukan informasi riwayat penggunaan obat tersebut untuk menentukan terapi obat apa yang bisa Anda peroleh setelah hasil pemeriksaan keluar. 

Dengan begitu, tidak akan terjadi reaksi antara obat yang memberikan efek samping berbahaya.

5. Bawa Hasil Pemeriksaan Medis Sebelumnya

Free photo doctor writing a prescription
Bawa Hasil Pemeriksaan Medis Sebelum MCU

Berikutnya, apabila Anda pernah melakukan pemeriksaan medis, maka hasil dari pemeriksaan tersebut perlu Anda bawa. Anda juga bisa menyampaikan kepada dokter apabila pernah melakukan tindakan medis seperti imunisasi, fisioterapi, operasi, atau tindakan lainnya.

6. Cari Informasi Ketentuan Pemeriksaan

Standard quality control concept m
Cari Informasi Ketentuan Pemeriksaan Sebelum MCU

Untuk beberapa pemeriksaan biasanya terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti tidak boleh mengonsumsi makanan selama 8 hingga 12 jam sebelum waktu pemeriksaan. Maka hal ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum merencanakan pemeriksaan.

7. Menunda Olahraga Sebelum Medical Check Up

Free photo full shot woman sleeping on chair
Menunda Olahraga Sebelum Medical Check Up

Selanjutnya, Anda juga perlu menghindari adanya aktivitas fisik atau olahraga berat sebelum melakukan rangkaian pemeriksaan. Hal ini karena aktivitas yang dilakukan oleh tubuh sebelum pemeriksaan berlangsung dapat mempengaruhi hasil yang Anda peroleh.

5 PEMERIKSAAN STANDAR SAAT MEDICAL CHECK UP! (Sumber: Youtube/Roy & Sarah)

Kapankah Anda Perlu Medical Check Up?

Pernahkah Anda melakukan rangkaian pemeriksaan yang satu ini? Sebenarnya pemeriksaan ini menjadi hal yang penting dilakukan secara rutin sejak usia belia. Bagi Anda yang saat ini berada di rentang usia 35 hingga 40 tahun keatas memerlukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Hal ini tentunya untuk mencegah adanya keterlambatan dalam mengatasi suatu penyakit yang sebenarnya ada dalam tubuh namun Anda tidak mengetahui. 

Untuk mempermudah pengecekan kesehatan, Anda bisa melakukan medical check up di Tirta Medical Centre dengan fasilitas lengkap dan berkualitas. Yuk, hubungi kontak Tirta Medical Centre sekarang untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

FAQ Tentang Persiapan Sebelum MCU

1. Apakah medical check up itu?

Medical check up merupakan rangkaian pemeriksaan medis yang dapat dilakukan secara rutin untuk mengidentifikasi suatu penyakit dalam tubuh dan bertujuan untuk segera memberikan tindakan yang tepat untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh.

2. Kapan waktu yang tepat melakukan medical check up?

Waktu yang tepat untuk melakukan medical check up adalah sejak usia muda. Apalagi bagi seseorang yang telah menginjak usia 35 hingga 40 tahun keatas perlu melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan yang satu ini.

3. Mengapa perlu istirahat yang cukup sebelum medical check up?

Dengan istirahat yang cukup maka seseorang tidak akan kelelahan saat melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan mulai dari detak jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan hasil pemeriksaan lainnya.

4. Mengapa perlu menghindari aktivitas berat sebelum medical check up?

Aktivitas fisik atau olahraga yang berat sebelum melakukan pemeriksaan merupakan hal yang tidak dianjurkan karena dapat berpengaruh terhadap hasil pemeriksaan sehingga keakuratan yang diperoleh pun semakin rendah. Dengan begitu, dokter tidak dapat mendiagnosis penyakit yang dirasakan secara valid.

5. Mengapa perlu mencatat riwayat penggunaan obat sebelum medical check up?

Riwayat penggunaan obat pasien menjadi informasi penting yang diperlukan oleh dokter. Hal ini berfungsi sebagai acuan untuk terapi selanjutnya apabila terdapat penyakit lain dalam tubuh pasien.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya interaksi obat dalam tubuh yang dapat memberikan efek samping tidak diinginkan, maka catatan penggunaan obat herbal maupun obat kimia yang pernah atau sedang dikonsumsi pasien menjadi hal yang diperlukan dalam serangkaian pemeriksaan.

Referensi:
  • Krogsbøll, L.T., Jørgensen, K.J., & Gøtzsche, P.C. (2019). General Health Checks In Adults for Reducing Morbidity and Mortality From Disease. The Cochrane Database of Systemic Review. 1 (1), CD009009.
  • Haruyama, et al. (2017). Personal Status of General Health Checkups and Medical Expenditure: A Large-scale Community-based Retrospective Cohort Study. Journal of Epidemiology. 27(5), pp. 209–214.
  • Centers for Disease Control and Prevention (2017). Health Equity. Check-Up Checklist: Things to Do Before Your Next Check-Up.
  • Centers for Disease Control and Prevention (2017). Health Equity. Regular Check-Ups are Important.
  • National Health Service UK (2019). Health A to Z. What Is an NHS Health Check?
  • National Institutes of Health (2019). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Family History.
  • Martin, L.J. National Institutes of Health (2020). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Health Screenings for Men Ages 18 to 39.
  • National Institutes of Health (2018). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Women’s Health Checkup.
  • Victoria State Government Australia (2015). Betterhealth Channel. Regular Health Checks.
  • Mayo Clinic (2019). Test & Procedures. Cholesterol Test.
  • Shiel Jr., W.C. Emedicinehealth (2018). General Medical Checkup.
  • Martle, J. & Reed-Guy, L. Healthline (2018). Blood Glucose Test.
  • Holland, K. & Jewell, T. Healthline (2017). Getting a Physical Examination.
  • Krans, B. & Wu, B. Heathline (2017). Physical Examination.
  • Chumari, A. HealthXchange Singapore. Tips on 2 Common Health Screening Tests.
  • Charbek, E. Medscape (2018). Drugs & Diseases. Normal Vital Signs.
  • WebMD (2018). Annual Physical Examinations.