Hampir semua orang pernah mengalami batuk, entah itu dampak dari alergi, flu, atau indikasi penyakit lain. Meski kondisi ini cukup lumrah, namun jika terjadi terus-menerus tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Kabar baiknya Anda bisa mengatasi masalah ini dengan obat batuk alami.

Tidak perlu membeli obat ke apotek atau dokter karena dijamin semua bahannya mudah untuk Anda dapatkan. Penasaran dengan obat tersebut dan apa saja bahan-bahan yang Anda butuhkan? Simak selengkapnya di sini!

Obat Batuk Alami yang Paling Ampuh

Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengobati batuk.

1. Jahe

    Free photo hot ginger tea on table
    Jahe

    Anda pasti tidak asing dengan tanaman herbal satu ini? Ternyata, manfaat jahe jauh lebih banyak daripada apa yang Anda ketahui selama ini.

    Memiliki senyawa anti radang membuat jahe bisa menyembuhkan batuk secara alami dan cepat. Kandungan inilah yang mampu melemaskan membrane pada saluran udara, sehingga membuat intensitas batuk bisa berkurang.

    Cara mengolahnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sebanyak 20 hingga 40 gram jahe iris. Kemudian tuangkan ke dalam cangkir dan campur dengan air panas. Diamkan selama beberapa menit hingga aroma jahe bisa keluar, kemudian minum air tersebut.

    2. Teh Herbal dengan Madu Hangat

      Free photo high angle view a tea with ginger and honey on sack cloth and dark wooden background. horizontal
      Teh Herbal dengan Madu Hangat

      Obat batuk alami yang kedua adalah teh herbal dengan madu hangat. Campuran ini sudah cukup lama digunakan masyarakat untuk meringankan gejala batuk, terutama untuk anak-anak. Madu juga terbukti mampu memberikan efek lega pada tenggorokan ketika batuk melanda. 

      Cara mengolahnya sendiri bisa Anda lakukan dengan beberapa tahap. Pertama, siapkan gelas dan ambil madu sebanyak dua sendok teh. Lalu, tuangkan teh herbal ke dalam gelas dan campurkan dengan air hangat. Anda bisa mengkonsumsi obat ini sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

      3. Air Garam

        Free photo an overhead view of rock salts on wooden spoon against white backdrop
        Air Garam

        Batuk digolongkan menjadi dua jenis, yaitu berdahak dan kering. Jika Anda mengalami kondisi batuk berdahak, ada satu bahan alami yang ampuh untuk Anda coba.

        Bahan tersebut adalah garam. Air dengan campuran garam mampu mengurangi efek lendir yang menempel pada bagian belakang tenggorokkan. 

        Lantas, apakah air garam ini harus Anda minum? Tidak, karena Anda hanya perlu menggunakannya untuk berkumur saja. Setelah Anda mencampurkan air hangat dengan satu setengah sendok teh garam, silakan gunakan untuk berkumur. Biarkan air garam tersebut menjangkau tenggorokan Anda.

        Anda dapat berkumur selama beberapa kali dalam sehari hingga kondisi batuk Anda berkurang dan lendir bisa hilang secara sempurna. Biasanya setelah berkumur lendir dalam tenggorokkan akan ikut terangkat ketika Anda membuang air bekas kumuran.

        Sebagai catatan, sebaiknya Anda tidak memberikan air larutan ini pada anak-anak yang belum bisa berkumur dengan benar.

        4. Peppermint

          Free photo peppermint tea in glass ready to drink
          Daun Peppermint

          Peppermint yang memiliki efek mentol ternyata juga ampuh untuk meredakan gejala batuk berlebihan. Bahkan fakta ini sudah terbukti dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli.

          Kandungan mentol dari peppermint bisa membuat tenggorokan merasa lebih baik. Memang tidak menyembuhkan, namun bisa menjadi obat batuk untuk mencegah kondisi lebih parah. Mentol juga dapat memecah lendir dalam tenggorokan sehingga batuk bisa lebih berkurang.

          Cara meraciknya tidak sulit, cukup siapkan teh peppermint, kemudian seduh dengan air hangat agar lebih mudah saat diminum. Minum airnya dan hirup uap dari teh tersebut. Lakukan berulang-ulang untuk mendapat hasil terbaik.

          5. Thyme

            Free photo high angle plant with special properties arrangement
            Tanaman Thyme

            Thyme merupakan sejenis rempah-rempah yang sering menjadi bahan untuk bumbu masakan. Sama halnya dengan jahe, tanaman ini bisa menjadi obat alami yang efektif  untuk Anda coba.

            Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat meredakan gejala batuk, terutama pada kondisi bronkitis. Cara melakukan pengobatannya mudah, Anda dapat menyeduh thyme kering untuk menjadi teh.

            Sebelum meminumnya, pastikan untuk menyaring airnya terlebih dahulu agar tidak ada ampas yang ikut terminum. Kemudian minum teh thyme beberapa kali dalam sehari untuk memulihkan batuk.

            Tertarik Mencoba Obat Batuk Alami?

            Itulah 5 cara alami yang bisa membantu Anda meringankan gejala batuk. Namun, jika ingin mendapat penanganan yang lebih tepat Anda dapat melakukan Konsultasi Dokter Online yang disediakan oleh Tirta Medical Centre. Konsultasikan keluhan kondisi kesehatan Anda dengan dokter berpengalaman dan tersertifikasi.

            Anda juga dapat langsung menghubungi Kontak Tirta Medical Centre untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Tirta Medical Centre juga menyediakan berbagai obat yang mungkin Anda butuhkan.

            Batuk Tak Kunjung Sembuh Tanda TBC? Ketahui Fakta dan Mitos Seputar Batuk (Sumber: Youtube/Kata Dokter)

            FAQ Tentang Obat Batuk Alami

            1. Apa obat batuk alami yang paling manjur?

            Berdasarkan salah satu blog Healthline mengatakan, Anda dapat mengkonsumsi beberapa obat batuk alami seperti madu, peppermint, jahe, atau kunyit.

            2. Minum apa agar batuk bisa cepat sembuh?

            Madu, air asin, air jahe, minuman hangat, hingga probiotik.

            3. Mengapa batuk memburuk di malam hari?

            Batuk lebih intens terjadi di malam hari karena adanya alergi. Masalah kesehatan ini disebabkan lendir yang ada di saluran pernafasan dan menetes ke tenggorokan. Hal inilah yang membuat batuk lebih sering terjadi ketika malam hari.

            4. Batuk membandel apa obatnya?

            Anda bisa mencukupi kebutuhan istirahat dan perbanyak minum air putih. Agar dapat menyembuhkannya, Anda bisa mengkonsumsi campuran air jeruk lemon dengan madu. Namun, apabila belum sembuh juga, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter.

            5. Batuk muncul karena kekurangan vitamin apa?

            Orang akan mudah terserang batuk, pilek, dan flu ketika tubuhnya kekurangan vitamin C dan lingkungan sekitarnya yang tidak sehat. Sehingga mempengaruhi kondisi tubuh. Jadi, selain menjaga kesehatan tubuh, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

            6. Buah apa yang dapat meredakan batuk?

            Anda bisa mengkonsumsi buah lemon, jeruk, ceri, nanas, alpukat, pisang, delima, berry, dan air kelapa. 

            Referensi:
            • Oduwole, et al. (2018). Honey for Acute Cough in Children. Cochrane Database of Systematic Reviews, doi: 10.1002/14651858.CD007094.pub5.
            • Vann, M. Everyday Health (2020). 7 Home Remedies to Stop a Bad Cough.
            • Ashpari, Z. Healthline (2021). The Best Natural Cough Remedies.
            • Whelan, C. Healthline (2019). 13 Home Remedies for a Dry Cough.
            • Harris, N. Parents (2022). 9 Natural Toddler Cough Remedies.