Sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada banyak orang. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi gigi, kerusakan gigi, atau gigi sensitif.

Sakit gigi tentu cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi dengan cara yang cepat dan efektif.

Apa itu Sakit Gigi?

Seorang Pria Mengalami Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang Anda rasakan pada gigi, baik pada bagian dalam maupun di sekitar gigi. Intensitas nyeri yang ditimbulkan ada yang nyeri ringan hingga parah. Mungkin Anda bisa merasakan nyeri tajam pada gigi yang terjadi secara hilang timbul tidak menentu atau secara terus menerus.

Kondisi seperti sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gusi bengkak, gigi berlubang, gigi retak atau patah, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), tambalan gigi lama yang rusak, tumbuh gigi dan lain sebagainya.

Gejala sakit gigi tidak hanya sekedar nyeri pada gigi saja. Biasanya, seseorang yang sakit gigi akan disertai dengan banyak gejala lainnya. Karena daerah gusi dan rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi akan mengalami bengkak, penderita sakit gigi biasanya akan lebih sulit untuk membuka mulut secara lebar.

Akibatnya, proses mengunyah dan menggigit makanan akan menjadi dua hal yang sulit dilakukan penderita sakit gigi.

Sakit gigi juga dapat membuat gigi sangat sensitif terhadap suhu panas dan dingin serta makanan manis.

Jika tidak cermat dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, gigi Anda akan terasa semakin nyeri. Terkadang gejala sakit gigi dapat disertai dengan demam, sakit telinga, pusing, bau mulut, dan sakit leher.

Berbagai keseluruhan gejala inilah yang membuat rasa sakit semakin menyiksa hingga menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah Secara Alami

Mengobati sakit gigi sendiri di rumah menjadi salah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan, ada beberapa cara yang terbukti ampuh untuk menghilangkan sakit gigi.

1. Mengompres Gigi Dengan Air Dingin

Ilustrasi Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Mengompres Gigi Menggunakan Air Dingin

Mengompres gigi yang sakit dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu mengurangi peradangan pada area gigi yang terkena.

Untuk melakukan ini, cukup ambil selembar kain bersih, celupkan ke dalam air dingin, lalu letakkan pada gigi yang sakit. Tahan selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali sehari.

2. Berkumur-Kumur Dengan Air Garam

Berkumur-Kumur Dengan Air Garam untuk Mengobati Sakit Gigi

Garam memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu membersihkan area gigi yang terkena infeksi. Untuk melakukan ini, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur-kumur selama beberapa menit.

Ulangi beberapa kali sehari untuk membantu meredakan rasa sakit dan membantu mengurangi peradangan pada area gigi yang terkena.

Berkumur Air Garam Atasi Sakit Gigi, Mitos Atau Fakta? | ASK THE DOCTOR (Sumber: TRANS7 OFFICIAL/Youtube)

3. Menggunakan Minyak Cengkeh

Menggunakan Minyak Cengkeh untuk Mengatasi Sakit Gigi

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bertindak sebagai analgesik (obat pereda nyeri), yang akan membantu menyembuhkan nyeri pada gigi.

Untuk melakukan ini, ambil satu atau dua tetes minyak cengkeh dan oleskan pada gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali sehari.

4. Menggunakan bawang putih

Menggunakan Bawang Putih untuk Pengobatan Sakit Gigi

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membantu mencegah infeksi. Ambil beberapa siung bawang putih, haluskan, lalu oleskan pada gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali sehari.

5. Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Mengatasi Nyeri Gigi Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Cara kelima yang terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride adalah mineral yang membantu mengurangi risiko kerusakan gigi dan mencegah gigi sensitif.

Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride secara teratur dapat membantu mencegah sakit gigi dan menjaga kesehatan gigi

6. Membersihkan Gigi Secara Teratur

Membersihkan Gigi Secara Teratur untuk Mengatasi Sakit Gigi

Saat sakit gigi, membersihkan gigi secara teratur juga bisa menghilangkan sakit. Yaitu menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan gigi.

Selain menyikat gigi, juga penting untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau sikat gigi interdental.

7. Berkonsultasi dengan dokter gigi

Seorang Wanita sedang Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Cara ini merupakan cara terakhir yang perlu dilakukan jika rasa sakit gigi tidak kunjung mereda atau semakin parah.

Segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang diperlukan seperti membersihkan gigi, melakukan perawatan saluran akar, atau melakukan tindakan bedah gigi jika diperlukan.

Untuk mempermudah Anda berkonsultasi, Tirta Medical Centre menyediakan layanan konsultasi online yang bisa membantu Anda.

Ceritakan keluhan Anda, dokter terbaik dan berpengalaman akan memberikan solusi untuk mengurangi rasa sakit gigi yang Anda alami. Atau juga bisa menghubungi kontak Tirta Medical untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Sudah Tau Cara Mengobati Sakit Gigi?

Sakit gigi dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Tetapi, terdapat beberapa cara yang terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi seperti mengompres gigi dengan air dingin, berkumur-kumur dengan air garam, menggunakan minyak cengkeh, menggunakan bawang putih, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, serta berkonsultasi ke dokter gigi mendapatkan perawatan yang diperlukan.

FAQ Tentang Cara Mengobati Sakit Gigi

1. Apa Obat Kumur Juga Bisa Menghilangkan Sakit Gigi?

Ya, Anda dapat mencoba obat kumur yang dijual di pasaran untuk mengobati sakit gigi dengan cepat. Pilih obat kumur yang mengandung bahan aktif untuk mendesinfeksi dan membantu gigi Anda terasa kebas.

2. Bahan Alami Apa yang Bisa Dikonsumsi Untuk Menghilangkan Sakit Gigi?

Bawah putih, daun jambu biji, atau cengkeh

3. Kapan Saya Harus Melakukan Ekstraksi Gigi (Cabut Gigi)?

Anda perlu cabut gigi ketika sakit gigi muncul karena adanya gigi keropos atau gigi retak. Perawatan ini sangat disarankan, terlebih jika gigi Anda sudah dalam kondisi sangat retak.

4. Apa Itu Splinting Gigi?

Splinting gigi merupakan teknik yang digunakan dokter untuk menyatukan gigi-gigi yang lemah supaya lebih stabil dan kuat.

5. Apa Obat yang Bisa Dibeli Di Apotik Untuk Menghilangkan Nyeri pada Gigi?

Paracetamol, Ibuprofen, Acetaminophen, dan Aspirin.

Referensi:
  • Emedicinehealth (2021). What Kills a Toothache Instantly?
  • National Library of Medicine (2016). Diagnosis and treatment of abnormal dental pain.
  • Stanford Medicine (2023). Toothache (Pulpitis) in Children.