Tirta Medical Centre, Jakarta – salah satu cara mencegah naiknya kadar gula darah bagi para penderita diabetes adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Akan tetapi, mereka wajib untuk membatasi asupan makanan atau minuman tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi natrium. Tidak sulit untuk memilih makanan yang sesuai dan mudah didapat bagi penderita diabetes.

Lalu, apa saja makanan untuk diabetes yang aman dikonsumsi dan direkomendasi oleh dokter serta ahli gizi? Yuk, simak artikel berikut ini!


Apa saja makanan untuk diabetes yang harus dibatasi

Sahabat MIKA dengan riwayat penyakit diabetes tentunya masih bisa mengkonsumsi segala jenis makanan. Misalnya makanan cepat saji, aneka hidangan dengan pemanis dan penguat rasa, makanan dalam kemasan. Nah, Anda wajib untuk mengulik informasi nilai gizi dari kandungan gula, lemak jenuh, dan natrium. Para ahli gizi menyarankan untuk membatasi kandungan tersebut sebanyak 7%-10% dari nilai harian. Nilai harian tersebut menunjukkan jumlah setiap nutrisi dalam satu porsi makanan.

Makanan yang wajib dibatasi konsumsinya antara lain sebagai berikut :

  1. Makanan Karbohidrat, karena menghasilkan gula yang tinggi. Misalnya, nasi putih dan roti putih.
  2. Daging olahan, seperti sosis, kornet, nugget.
  3. Da Minuman manis, contohnya minuman isotonik dan minuman kemasan lainnya.

Salah satu contoh makanan yang perlu dibatasi adalah kulit ayam goreng karena kaya lemak jenuh dan berisiko menaikkan berat badan dan kolesterol.