MOHON UNTUK MEMBACA SELURUH HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN SERTA SYARAT, KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI BERIKUT SEBELUM MENGGUNAKAN SETIAP LAYANAN YANG TERSEDIA DI KLINIK DAN/ATAU FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI DAN/ATAU WEBSITE TIRTA MEDICAL CENTRE.
HAK PASIEN
1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Klinik Utama Tirta Medical Centre
2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi
4. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi
6. Mengeluhkan pelayanan klinik Utama Tirta Medical Centre yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
7. Memilih dokter sesuai dengan keinginan pasien dan peraturan yang berlaku di Klinik Utama Tirta Medical Centre
8. Memilih konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktek (SIP) baik di dalam maupun luar Klinik Utama Tirta Medical Centre
9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
10. Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan
11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
12. Didampingi keluarganya atau kerabat dekat dalam keadaan kritis
13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasiennya lainnya
14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama berada di Klinik Utama Tirta Medical Centre
15. Mengajukan usul, saran perbaikan atas pelayanan Klinik Utama Tirta Medical Centre terhadap dirinya melalui kuesioner kepuasaan pelanggan
KEWAJIBAN PASIEN
1. Menaati segala peraturan dan tata tertib yang berlaku di Klinik Utama Tirta Medical Centre
2. Menggunakan fasilitas Klinik Tirta Medical Centre secara bertanggung jawab
3. Menghormati hak Pasien lain, pengunjung dan hak Tenaga Kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di Klinik Tirta Medical Centre
4. Mematuhi segala instruksi dokter dan perawat dalam proses pemeriksaan dan atau pengobatannya
5. Memberikan informasi dengan jujur dan selengkapnya tentang riwayat medis dan riwayat pekerjaan kepada dokter
6. Menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh dokter dan perawat atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh dokter dan perawat untuk penyembuhan penyakit atau masalah kesehatannya
7. Melunasi / memberikan imbalan jasa atas pelayanan Klinik Utama Medical Centre
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Kebijakan Privasi (“Ketentuan Penggunaan”) ini merupakan suatu perjanjian sah terkait tata cara dan persyaratan penggunaan fitur dan/atau layanan (“Layanan”) antara Pengguna (“Anda”) dengan pengelola, yaitu TIRTA MEDICAL CENTRE (“Kami”). Dengan mengunduh dan/atau memasang dan/atau menggunakan Platform dan/atau menikmati Layanan “Kami”, “Anda” setuju bahwa “Anda” telah membaca, memahami, mengetahui, menerima, dan menyetujui seluruh informasi, syarat-syarat, dan ketentuan-ketentuan penggunaan Platform yang terdapat dalam Ketentuan Penggunaan ini.
Apabila “Anda” tidak setuju terhadap sebagian, salah satu, atau seluruh isi yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, silakan untuk menghapus Platform dalam perangkat elektronik “Anda” dan/atau tidak mengakses Platform dan/atau tidak menggunakan Layanan “Kami”. Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dapat diperbaharui dari waktu ke waktu.
1. KEBIJAKAN PRIVASI
1.1. Kebijakan Privasi ini mengatur pemrosesan dan penyimpanan data pribadi “Anda”. Data pribadi “Anda” hanya akan digunakan untuk keperluan pemberian layanan dan tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Syarat dan Ketentuan Penggunaan.
1.2. “Kami” berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menghapus dan untuk menerapkan ketentuan baru dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. Dengan tetap menggunakan Platform, “Anda” dianggap telah mengetahui dan menyetujui perubahan-perubahan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.
2. DATA PRIBADI
2.1. Dalam memberikan Layanan kepada “Anda”, “Kami” akan mengumpulkan data pribadi tertentu milik “Anda” melalui cara-cara tertuang dalam Pasal 3 Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. Data pribadi “Anda” yang “Kami” kumpulkan untuk kepentingan penyediaan Layanan meliputi, akan tetapi tidak terbatas pada:
a. Data pribadi dalam mengidentifikasi diri “Anda”, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, jenis kelamin, alamat email, nomor KTP, dan/atau nomor paspor; dan
b. Informasi kesehatan berkaitan kondisi kesehatan “Anda”, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada informasi tentang diagnosis, riwayat penyakit, riwayat pemeriksaan, riwayat pengobatan, dan hasil pemeriksaan “Anda”;
c. Informasi ketika “Anda” menggunakan Platform, termasuk tetapi tidak terbatas pada koordinat Global Positioning System atau “GPS”, alamat protokol internet (jika menggunakan peramban internet), sistem operasi, dan aktivitas “Anda” di Platform. “Anda” dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan lokasi saat “Anda” menggunakan Platform.
2.2. Penginputan data pribadi oleh “Anda” kepada “Kami” bersifat sukarela. Namun, dalam memberikan layanan, data pribadi tersebut diperlukan. “Kami” tidak akan dapat memproses layanan jika “Anda” tidak menyediakan data pribadi kepada “Kami”. Apabila “Anda” tidak bersedia untuk memberikan informasi – informasi tersebut, “Anda” memiliki hak untuk tidak mengungkapkan informasi – informasi baru tersebut.
3. MEKANISME PENGUMPULAN DATA PRIBADI “ANDA”
3.1.”Kami” mengumpulkan data pribadi “Anda” melalui berbagai cara, termasuk tetapi tidak terbatas dengan cara-cara berikut:
a.Pengisian formulir pendaftaran di Platform;
b. Ketika “Anda” memperoleh Layanan;
c. Ketika “Anda” meminta informasi mengenai Layanan atau mengajukan pertanyaan lain kepada “Kami”;
d. Ketika “Anda” mengisi survei, umpan balik, kuesioner, dan/atau metode evaluasi lainnya;
e. Ketika “Anda” memberikan data pribadi “Anda” kepada “Kami”.
3.2.Platform ini dapat mencakup tautan yang memungkinkan “Anda” dalam mengakses situs pihak ketiga atau aplikasi lain yang tidak disediakan oleh “Kami” dan tunduk pada Kebijakan Privasi masing-masing pihak.
4. PENYIMPANAN DAN PENGELOLAAN DATA
4.1. Setiap informasi yang disimpan dalam sistem “Kami” diproteksi dengan prosedur keamanan termasuk kata sandi dan One Time Password atau “OTP” untuk mencegah akses tidak sah.
4.2. Perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman, namun “Kami” berupaya terbaik mungkin untuk melindungi data pribadi “Anda”, walaupun tidak dapat menjamin keamanan informasi yang disediakan atau dikirimkan kepada “Kami” oleh “Anda”. Pemberian informasi oleh “Anda” merupakan risiko “Anda” sendiri.
4.3. “Kami” sangat berhati-hati dalam melindungi data pribadi “Anda”. “Kami” melakukan Langkah organisasional dan teknis yang wajar untuk melindungi data pribadi “Anda” untuk mencegah Pemrosesan yang tidak sah.
4.4. “Anda” mengetahui bahwa hasil pemeriksaan Layanan dapat diberikan dalam format digital dan diunggah ke dalam akun “Anda” di Platform, atau dikirimkan melalui nomor telepon, alamat email dan/atau alamat rumah melalui data pribadi yang telah “Anda” kumpulkan.
4.5.Apabila “Anda” melakukan pendaftaran untuk pihak lain dan/atau untuk kelompok, “Anda” wajib untuk memperoleh persetujuan dari pihak lain tersebut dan untuk bertanggung jawab atas kerahasiaan dari data pribadi milik pihak tersebut. “Kami” akan dibebaskan dari segala tuntutan, gugatan, klaim dari orang lain terkait data pribadi orang lain tersebut.
4.6. “Anda” memiliki hak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi “Anda” yang berada di bawah kendali “Kami” dengan mengajukan permintaan akses atau koreksi Data Pribadi secara langsung kepada “Kami” melalui fitur yang tersedia pada platform “Kami” dan dengan menghubungi petugas administrasi di lokasi cabang “Kami”.
4.7. “Kami” mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa “Kami” Memproses setiap data pribadi secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi “Anda” untuk memberi tahu “Kami” secara tepat waktu tentang segala perubahan pada data pribadi “Anda” atau jika ada kesalahan dalam data pribadi “Anda” yang berada di bawah kendali “Kami”.
4.8. Terkait dengan permintaan akses dan/atau koreksi Data Pribadi, setelah “Kami” memiliki informasi yang cukup dari “Anda” untuk menangani permintaan tersebut, “Kami” akan berusaha untuk memberi “Anda” data pribadi yang relevan dalam jadwal yang ditentukan berdasarkan undang-undang dan peraturan perlindungan data pribadi yang berlaku. Apabila “Kami” tidak dapat menanggapi “Anda” dalam kurun waktu yang telah ditentukan, “Kami” akan memberi tahu “Anda” dalam kurun waktu yang sesingkat mungkin jadwal baru kapan “Kami” dapat memberikan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap data pribadi yang “Anda” minta.
4.9. “Kami” dapat membebankan biaya administrasi kepada “Anda” untuk menangani permintaan “Anda” untuk mengakses atau mengoreksi data pribadi “Anda”.
5. TUJUAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI “ANDA”
5.1.”Kami” akan memproses dan melakukan pengumpulan data pribadi “Anda” untuk tujuan-tujuan yang berkaitan dengan penyediaan Layanan kepada “Anda”, yang meliputi, akan tetapi tidak terbatas pada tujuan sebagai berikut:
a.untuk memvalidasi, verifikasi, dan memproses pendaftaran “Anda”;
b.untuk menyampaikan Hasil Pemeriksaan kepada “Anda”;
c.untuk menghubungi “Anda” dalam kepentingan penyediaan Layanan, melalui telepon, pesan teks, email dan/atau surat pos untuk keperluan penyediaan Layanan;
d.untuk tujuan pemasaran, dimana “Kami” akan memberikan informasi pemasaran, promosi, materi dan/atau dokumen yang berkaitan dengan produk, kontes, layanan dan/atau acara (termasuk dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan “Kami”) yang dapat dipromosikan, dipasarkan, ditawarkan oleh “Kami” atau pihak ketiga, dengan bentuk komunikasi apapun, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada melalui email, pesan teks, panggilan suara, surat pos, atau melalui teknologi lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan perlindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia.
e.untuk memproses partisipasi “Anda” dalam setiap acara, kegiatan, studi penelitian, kontes, atau promosi;
f.untuk melakukan validasi dan memproses pembayaran yang berkaitan dengan Layanan;
g.untuk melakukan penelitian pelanggan, survei pasar, analisis dan/atau kegiatan pengembangan dalam meningkatkan layanan dan fasilitas “Kami”.
h.untuk menyimpan atau mencadangkan data pribadi “Anda” apabila terjadi pemulihan sistem.
5.2. Penggunaan data diri “Anda” perlu “Kami” ungkapkan kepada pihak ketiga termasuk afiliasi “Kami” yang mungkin berada di dalam lingkup “Kami” maupun di luar “Kami”, untuk mencapai sebagian atau seluruh tujuan yang tercantum dalam pasal 5.1. Pengungkapan data pribadi ini dapat dilakukan:
a. kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan “Kami” untuk membantu “Kami” dalam menyediakan layanan kepada “Anda”, termasuk penyedia layanan kesehatan dan pembayaran.
b. kepada Lembaga / badan pemerintah, aparat penegak hukum, atau organisasi lain di mana “Kami” diharuskan untuk mengungkapkan data pribadi “Anda” berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis, termasuk akan tetapi tidak terbatas kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan sebagaimana telah ditentukan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan Uji Real Time-Polymerase(RT-PCR) SARS CoV-2 bagi Laboratorium di Lingkungan Rumah Sakit dan Laboratorium Lain yang Melakukan Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) (“SE No. 234/2020”) sebagai laboratorium rujukan nasional pemeriksaan Covid-19 (“Laboratorium Rujukan Nasional Covid-19”) dan dinas kesehatan domisili “Anda”;
c. untuk kepentingan Kesehatan “Anda” & atas permintaan dan atau persetujuan “Anda” sendiri;
d. untuk kepentingan pendidikan dan penelitian;
e. kepada pihak ketiga lainnya yang memiliki hubungan komersial dengan “Kami”, untuk tujuan bisnis, pemasaran, dan yang terkait termasuk tetapi tidak terbatas untuk keperluan administratif atau layanan lain seperti layanan pengantar surat, pusat panggilan, perusahaan telekomunikasi, perusahaan logistik, perusahaan teknologi informasi dan pusat data;
f. kepada penasihat profesional “Kami”, antara lain, auditor dan pengacara “Kami”, serta perusahaan asuransi “Kami”;
g. kepada penerima pengalihan sebenarnya atau yang diusulkan atau penerima pengalihan dari bisnis “Kami”, atau entitas yang dilebur dalam hal “Kami” dilebur untuk menciptakan entitas gabungan tersebut; dan/atau
h. kepada pihak ketiga lain kepada siapa pengungkapan oleh “Kami” dilakukan untuk sebagian atau seluruh tujuan yang tercantum dalam Pasal 5.1 Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan pihak ketiga tersebut pada gilirannya akan Memproses Data Pribadi “Anda” untuk sebagian atau seluruh tujuan-tujuan yang tercantum dalam Pasal 5.1 Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.
5.3. Untuk memenuhi kewajiban hukum “Kami” berdasarkan SE No. 234/2020, khususnya dalam melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19, “Kami” akan mengirimkan Hasil Pemeriksaan positif dan negatif Covid-19 kepada Kepala Laboratorium Rujukan Nasional Covid-19 untuk keperluan diagnosis dan tatalaksana kasus, dan dinas kesehatan domisili “Anda” untuk kepentingan penyelidikan epidemiologi.
5.4. Dalam hal operasional “Kami” dimana data pribadi “Anda” harus “Kami” kirimkan kepada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh “Kami” yang mungkin dikelola oleh pihak ketiga sehubungan dengan penyediaan Layanan kepada “Anda”. Meskipun demikian, pemanfaatan data pribadi sehubungan dengan penyediaan Layanan akan terus diatur oleh Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
6. KEAMANAN DATA PRIBADI “ANDA”
6.1. “Kami” menjaga pengamanan administrasi, teknis, dan fisik sistem “Kami” untuk melindungi data pribadi “Anda” dari akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan yang tidak sah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami” juga memiliki komitmen untuk menggunakan teknologi yang wajar dalam melindungi keamanan Platform. Namun, “Kami” menyadari bahwa bahkan dengan teknologi terbaik, tidak ada aplikasi, aplikasi web, dan/atau portal web yang 100% aman dari pihak ketiga. Dengan demikian, “Kami” akan mengambil langkah-langkah wajar yang “Kami” yakini sesuai untuk melindungi Data Pribadi “Anda” dari kehilangan, penyalahgunaan, perusakan, atau kehancuran, dan, jika mungkin, akan meminta pihak ketiga yang menerima Data Pribadi tersebut dari “Kami” untuk mengambil langkah yang sebanding untuk menyediakan perlindungan terhadap Data Pribadi “Anda”.
6.2. “Kami” akan menghubungi “Anda” melalui alamat email atau kontak lain yang “Anda” berikan kepada “Kami” pada saat pendaftaran, dalam hal terjadi kegagalan perlindungan Data Pribadi maupun hal lainnya terkait dengan keamanan Data Pribadi “Anda”.
6.3. “Kami” berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi “Anda” yang “Kami” Proses. Akan tetapi, “Kami” mungkin/akan perlu mengungkapkan dan/atau mengirimkan Data Pribadi “Anda” kepada pihak ketiga termasuk kepada afiliasi “Kami” yang mungkin berlokasi di dalam atau di luar Indonesia, untuk mencapai sebagian atau seluruh tujuan yang tercantum dalam Pasal 5 Kebijakan Privasi ini dan/atau memenuhi kewajiban hukum “Kami”.
6.4. “Anda” dapat menarik persetujuan yang telah “Anda” berikan terkait dengan Pemrosesan Data Pribadi “Anda” yang ada di bawah kendali “Kami” dengan mengirimkan permintaan tersebut ke kontak “Kami” yang tercantum dalam Pasal 8 Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini. “Kami” akan memproses permintaan “Anda” dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak Memproses Data Pribadi “Anda” sesuai dengan permintaan awal “Anda”, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, terdapat kemungkinan bahwa “Kami” tidak dapat melaksanakan kewajiban – kewajiban “Kami” berdasarkan setiap perjanjian antara “Anda” dengan “Kami”. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan “Kami” tidak dapat melaksanakan kewajiban – kewajiban “Kami” oleh karena “Anda” menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara “Anda” dengan “Kami” menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.
7. PERNYATAAN DAN JAMINAN
7.1. “Anda” mengetahui dan menyetujui bahwa “Kami” berhak untuk melakukan verifikasi langsung kepada “Anda” atau pihak lainnya atas informasi mengenai data diri yang telah disampaikan “Anda” kepada “Kami”.
7.2. Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini beserta setiap formulir, dokumentasi serta semua hal yang berkaitan dengan akses “Anda” pada/atau penggunaan Platform dan penyediaan Layanan akan diatur oleh dan ditafsirkan menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
7.3. Bahasa yang digunakan dalam Kebijakan Privasi Ketentuan ini dan seluruh komunikasi antara “Anda” dan “Kami” yang berkaitan dengan Kebijakan Privasi adalah Bahasa Indonesia.
7.4. Dengan menggunakan Platform dan menerima Layanan, “Anda” menjamin bahwa Data Pribadi dan informasi yang “Anda” berikan merupakan Data Pribadi dan informasi yang lengkap, benar, dan akurat.
7.5. Apabila Data Pribadi dan/atau informasi yang “Anda” berikan tersebut ternyata tidak akurat dan/atau benar, maka “Kami” tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan Data Pribadi dan/atau informasi tidak benar tersebut.
8. Pengaduan dan Kontak “Kami”
8.1. Jika “Anda” memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan “Kami” terhadap Data Pribadi “Anda” atau jika “Anda” yakin bahwa privasi “Anda” telah dilanggar, “Anda” dapat menghubungi “Kami” melalui kontak “Kami” yang tercantum dalam Pasal 8.3 Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dengan menyertakan identitas dan keluhan “Anda”.
8.2. “Kami” akan menyelidiki keluhan “Anda” dan berupaya untuk memberikan tanggapan “Kami” kepada “Anda” dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang “Anda” sampaikan.
8.3. Jika “Anda” memiliki pertanyaan, keluhan, komentar, atau klaim mengenai Platform atau Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, silahkan menhubungi “Kami” di:
email : [email protected]
Telepon : +62-21-30066508
Whatsapp : +62-812-9595-2662