Berat Badan Ideal untuk Gaya Hidup Ideal

Apakah anda pernah berdiri di depan cermin dan melihat bentuk tubuh Anda.  “Apakah saya baik?”.  Setiap orang pasti punya pengalaman ini.  Tapi apakah anda tahu bagaimana mengukur berat badan ideal anda?  Pengukuran yang salah dapat merusak citra diri, dan jenis diet anda.  Sehingga terjadi salah persepsi tentang kesehatan anda.

Jadi apa formula terbaik untuk pengukuran tubuh yang ideal?  Jawabannya adalah Body Mass Index.  Ini adalah indikator yang dapat menentukan kegemukan tubuh bagi kebanyakan orang dan digunakan untuk menyaring kategori berat badan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Diciptakan oleh Adolphe Quetelet dan mudah untuk digunakan sebagai perhitungan umum didefinisikan sebagai berat badan individu dibagi dengan kuadrat tinggi badan nya.  Rumus ini secara luas digunakan dalam dunia kesehatan dengan satuan ukuran kg/m2.

TMC 111

Akhirnya, anda dapat dengan mudah menentukan apakah anda kelebihan berat badan, kurus, normal atau obesitas.

TMC 110

Jika anda menemukan diri anda di luar batas normal seperti obesitas atau kelebihan berat badan, jangan  memikirkan bahwa anda  “terlalu banyak lemak”.  Kemungkinan, masalah tidak akan pergi. Mengabaikan masalah berat badan anda dapat menyebabkan masalah yang lebih serius di masa depan.  Dengan menurunkan berat badan, anda dapat meningkatkan citra diri anda dan kebahagiaan anda, cara yang sehat untuk hidup yang benar-benar akan mengubah hidup.  Mengatur makanan anda, camilan sehat dan bahkan latihan anda.  Menurunkan berat badan secara bertahap.  Tetap aktif dan berolahraga setidaknya 30 menit dalam setiap sesi, 3 kali per minggu.  Batasi konsumsi lemak hingga kurang dari 30% dari asupan kalori harian.  Fokus untuk menurunkan berat badan secara konstan, sekitar 0.5-1 kg per minggu.

Dan bagi anda yang termasuk kategori kekurangan berat badan tidak disarankan untuk memakan segala sesuatu sembarangan.  Untuk menambah berat badan, anda harus mengkonsumsi lebih banyak kalori setiap hari daripada yang anda bakar dengan aktivitas fisik.  Anda harus memilih makanan yang kaya nutrisi bukannya makanan berkalori tinggi.  Makanan padat kaya nutrisi termasuk buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.  Makanan yang kaya baik energi dan nutrisi termasuk kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, dan alpukat.  Anda juga mungkin ingin meningkatkan konsumsi produk susu, daging, makanan laut dan unggas.  Jika anda tidak terbiasa makan banyak pada satu waktu, anda dapat memilih untuk makan beberapa makanan kecil atau makanan ringan sepanjang hari.  Jika anda lebih suka makan tiga kali setiap hari, meningkatkan ukuran porsi anda atau menambahkan lebih banyak makanan setiap makan.

Lebih memilih untuk memakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, jagung manis, nasi atau pasta sebagai sumber karbohidrat padat energi di piring anda.  Meningkatkan asupan kalori anda dengan makan volume yang lebih besar dari makanan harian.  Selanjutnya, membagi konsumsi harian kalsium anda dalam 3 bagian yang berbeda yang harus anda konsumsi dalam 3 waktu yang berbeda.  Sebagai contoh, 190 ml susu untuk sarapan, satu cangkir yoghurt untuk camilan 1 dan satu blok keju atau produk susu lainnya untuk 2 camilan.

Kunci yang paling penting untuk mengelola dan mengendalikan pola makan anda adalah dengan kemauan yang kuat untuk menambah atau mengurangi berat badan anda saat ini, adalah dengan menjaga keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak dengan berbagai jenis sayuran dalam berbagai warna.  Ingat untuk tetap melakukan olahraga secara teratur untuk mendukung kesehatan anda.  Jangan pernah khawatir dengan bentuk atau berat badan rekan-rekan anda.  Tidak ada yang sempurna di dunia ini, tetapi sehat harus menjadi nomor satu.  Jaga BMI anda masih dalam batas normal.  Sehat dan bahagia.

Tersimpan di Tips